Posted by Unknown | 0 comments

Jaringan Komputer : Network

Hello guys, dipostingan kali ini gw akan memberikan kuliah umum mengenai Jaringan. Siapa yang tertarik dengan Jaringan Komputer ?. Berbicara mengenai jaringan sangatlah luas. Beragam contohnya, seperti jaringan telekomunikasi dan jaringan komputer. Namun saat ini, gw akan bahas “Jaringan komputer” karena memang pada waktu kuliah peminatan yang gw ambil yaitu “Network” dan itung-itung mereview kembali ingatan gw. So, langsung aja kita mulai dari yang paling dasar.

Apa itu Jaringan ??

Jaringan (Network), adalah peralatan/media yang digunakan untuk mentransmisikan informasi dari satu tempat ke tempat lain. Informasi dapat berupa data, pesan maupun sinyal.

Jaringan Komputer adalah Sistem yang menghubungkan media komunikasi, perangkat keras, dan perangkat lunak yang dibutuhkan oleh dua atau lebih sistem komputer yang bekerja secara bersama-sama untuk mencapai satu tujuan yang sama (Turban, 2005, p658).

Tujuan dari jaringan komputer antara lain :

1. Membagi sumber daya, misalnya berbagi printer, memori, harddisk dan lain-lain.

2. Komunikasi, misalnya e-mail, instant messaging, chatting.

3. Akses informasi, misalnya web browsing.

Klasifikasi Jaringan Komputer

1. Berdasarkan Media Transmisi

- Kabel (Wired) : Koaksial, UTP/STP, Fiber Optik,

- Nirkabel (Wireless) : Gelombang mikro, radio, VSAT, Satelit

2. Berdasarkan Tipe Transmisi

- Point to Point :Komunikasi melewati beberapa koneksi antar komputer, sehingga untuk mencapai tujuannya sebuah paket mungkin harus melalui beberapa komputer terlebih dahulu.


- Broadcast : Komunikasi terjadi di dalam suatu saluran komunikasi yang digunakan secara bersama-sama, dimana data berupa paket yang dikirimkan dari sebuah komputer akan disampaikan ke tiap komputer yang ada didalam jaringan tersebut

3. Berdasarkan Arsitektur

- Peer to peer : tidak ada akses control terpusat

- Client-Server : Server merupakan akses koontrol terpusat

- Hybrid : kombinasi dari keduanya

4. Berdasarkan Jangkauan Geografis

- Local Area Network (LAN) : Jaringan lokal yang mencakup pada area yang keci untuk bebagi rsource. Contohnya, Kampus, Gedung, Kantor.

- Metropolitan Area Network (MAN) : sama halnya dengan LAN namun mencakup area yang lebih luas menjangkau antar wilayah. Contohnya, kantor pusat yang terhubung dengan kantor cabang

- Wide Area Network (WAN) : Jaringan komputer seperti MAN namun mencakup daerah geografis yang lebih luas bahkan sampai antar negara ataupun benua.

Itulah pengertian dasar sekilas jaringan komputer. Kalau ada yang masih bingung & mau ditanya boleh nanti gw jawab sebisanya . Akan berlanjut ke postingan berikutnya.




Thank you for visiting, enjoy guys :)

0 comments:

Please submit your comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...